Cara Meningkatkan Tenaga Motor Vario Dengan Mudah

FASTER86.COM - Cara Meningkatkan Tenaga Motor Vario Dengan Mudah Motor adalah salah satu alat transportasi yang hampir semua rakyat Indonesia memilikinya. Mulai dari motor tua hingga motor terbaru, hampir setiap kelurahan pasti ada. Nah seiring berkembangnya jaman, ketika era 50an kita sering mengenalmistilah motor dkw, era 70an dengan motor pitung, nah di era modern ini, rata rata masyarakat memiliki motor yang namanya motor matic. Motor ini menjadi fenomena tersendiri di tengah masyarakat Indonesia. 

Motor matic bahkan merajai penjualan motor di Indonesia, salah satunya adalah motor Vario. Motor yang pertama kali diluncurkan pertengahan 2000an ini, dulunya tidak begitu populer, kalah dengan motor Mio. Namun seiring berjalanya waktu, motor Vario sekarang menajdi pemimpin di kelasnya. Vario dan Scoopy menjadi motor dengan penjualan terbanyak pada tahun 2017 kemarin. 


Apakah anda adalah salah satu dari warga negara yang memiliki motor Vario ? Kira apa yang anda rasakan ? Maksudnya apakah anda pernah mengeluh dnegan tenaganya ? Tenaga kurang greng, istilah jawanya adalah nglepeh. Apakah anda pernah mengalami hal tersebut ? bagaimana kira kira perasaan anda ? Marah, jengkel atau bagaiman.

Nah kali ini kita akan belajar mengenai cara meningkatkan tenaga motor Vario dengan mudah ? Jika anda adalah orang yang ngeyel, pasti langsung bawa ke bengkel urusan kelar. Itu adalah solusi, tapi bukan iitu yang saya maksud. Kita akan belajar secara detail apa saja yang menyebabkan tenaga vario hilang, dan bagaimana penangggulananya.

1. Tarikan berat karena mesinya ngadat
Ada dua hal yang menjadi persoalan ketika kita berbicara mengenai tarikan atau tenaga motor matic khususnya Vario kurang bertenaga. Salah satunya adalah karena mesinya ngadat. Mesin adalah komponen utama yang bisa membuat tarikan sebuah motor baik, ada banyak masalah yang membuat tarikan vario berat.
  • Suplai bahan bakar ke injeksi kurang, jumalh pemasukan bahan bakar ke sistem injeksi kurang akan membuat tenaga berkurang.
  • Selang bensin kotor, ini kerap yang sering menajdi penyebab jumlah bahan bakar masuk sedikit
  • Injeksi kotor, sistem injeksi adalah sistem penyemprotan, ketika jumlah penyemprotan ke ruang bakar sedkit, maka tenaga yang dihasilkan juga sedikit.
  • Penyetelan katup kurang pas
Ketika kita sudah paham dengan masalahnya,lalu kira kira bagaimana cara mengatasinya. Berikut cara penangnanya :
  • Suplai bahan bakar terhambat, kita cek selanya, kita bersihkan
  • Untuk masalah yang lainya, kita bawa ke bengkel, karena sistem injeksi tidak semua mekanik bisa, ini karena alatnya juga berbeda.
2. CVT atau tarikan matiknya lemah
Ini adalah penyebab motor matik lemah tarikanya, ada banyak penyebab pada cvt ini, berikut beberap penyebab cvt :
  • Rumah cvt nya aus
  • Rumah cvtnya kotor
  • Belt kendor atau sudah melar
Nah bagaiaman cara mengatasinya, ya kita bongkar cvt nya, lalu kita bersihkan. Namun jika anda orang awam, maka sebaiknya di bawa ke bengkel. Sekian dari tim faster86.com, semoga ini bisa membuat anda lebih paham dengan masalah matik ini. 
Tag : OTOMOTIF
Back To Top