Cara Agar Pemakaian Bbm Pada Mobil Avanza Lebih Hemat Atau Irit

FASTER86.COM - Cara Agar Pemakaian Bbm Pada Mobil Avanza Lebih Hemat Atau Irit Bahan bakar adalah salah satu komponen yang harus ada dalam sebuah proses pembakaran sebuah motor. Tanpa adanya bahan bakar, atau bbm tak ada yang namanya pembakaran sehingga kendaraan bisa melaju di jalanan. ketika kita ingin membeli sebuah kendaraan baru, maka bbm adalah hal yang kerap kita pikirkan, apakah kendaraan antinya irit bbm atau tidak. Tentu kita sudah tahu bersama, sifat awam manusia adalah irit bahan bakar namun tenaga tetap maksimal.

Dalam ilmu otomotif, irit bahan bakar dan tenaga kuat adalah hal yang berlawanan, mobil yang irit umunya tenaganya juga nglepeh. Terlebih mobil Avanza, mobil Toyota ini ketika jumlah konsumsi bahan bakarnya sangat irit, akan membuat mesin cepat panas dan tenaganya kurang maksimal. Namun ketika jumlah konsumsi bahan bakar banyak, maka tenaga yang dihasilkan juga akan besar dan mesin pun tak panas. 

Nah kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara membuat Mobil Avanza menajdi lebih irit, namun mesinya tidak mudah panas,  berikut beberapa cara agar mobil Avanza lebi irit. 

1. Bagaimana cara mengendarai kita
Karena dengan mengendari mobil secara asal-asalan menjadi salah satu  penyebab BBM menjadi boros, caranya dengan mempertahankan laju kendaraan dan tidak secara mendadak menginjak pedal gas.

2. Membuat roda tetap stabil dengan cara di balance ( Pembalancingan ) 
Hampir sama dengan wheel alignment, keseimbangan ban harus di check teratur agar melindungi keadaan mobil dan terus berada pada posisi yang sama. Ban yang kondisinya tidak balance terdapat kemungkinan konsumsi bahan bakar menjadi semakin besar, serta sama sama seperti pada masalah wheel alignment. Tetapi bedanya wheel alignment ditetapkan dari pojok ban pada arah dengan lurus mobil, balancing ditetapkan posisi satu ban dengan kondisi ban yang lain.

3. Pengaturan Sistem pendinginan atau AC
Pada daerah dengan tingkat kelembaban dan suhu yang cukup tinggi, maka AC seperti menjadi penyelamat pengendara. Akan tetapi mesti diingat bahwa menggunakan AC yang terlalu berlebihan dapat membuat BBM cepat habis, dan pada keadaan yang lebih jauh membuat performa mobil turun. Jika memanglah pemakaian AC tidak dapat dijauhi, maka yang dapat dilakukan untuk melindungi performa serta BBM dapat sesuai dengan AC, yaitu mengontrol dan melindungi keadaan filter AC agar selalu bersih. Jika tidak, kondisi jadi AC tidak akan terasa dingin.

4. Penggunaan BBM yang sesuai dengan aturan kendaraan
StandarInternasional mereferensikan dengan  pemakaikan BBM dengan oktan 90 membuat beberapa pemakai kendaraan yang memiliki kompresi diatas 9, 0 : 1 tidak mempunyai pilihan yang lebih baik terkecuali memakai pertamax, atau dengan BBM sekelasnya.


Dengan memakai BBM yang dibawah standar kompresi tidak direferensikan, karena asumsinya waktu kompresi tinggi dengan memakai BBM beoktan rendah, bahan bakar akan lebih cepat terbakar dan secara Automatis membuat BBM lebih cepat habis.

5. Pembersihan Filter udara secara teratur
Mengecek filter hawa atau udara menjadi berkesan yang paling sepele diantara beberapa cara yang lainnya, tetaopi asumsinya bahwa filter udara adalah lubang hidung mobil jmaka asosiasi yang pas. Karena pada saat hidung tak bekerja dengan baik, makai yang memiliki hidung juga akan tersengal-sengal.

Begitu pula dengan mobil Avanza, waktu filter udara kotor pengemudi cenderung  akan menghimpit pedal gas dalam-dalam.


Karena filter yang kotor juga dapat membuat performa mobil terhalang. membersihkan dengan cara teratur, sesuai menggantinya sesuai dengan mekanisme pabrik akan menolong performa mobil dengan baik.

6. Selalu cek tekanan ban sebelum bepergian jauh
Gesekan pada ban menjadi salah satu yang paling krusial dalam mengkonsumsi BBM. Lantaran terlampau keras, atau terlampau kempes  dapat mengakibatkan kerugian tersendiri, karena tekanan angin yang cocok jadi harga yang mutlak.

Waktu tekanan angin pada ban terlalu keras, kemungkinannya ada dua, yaitu waktu melalui jalanan yang berlubang jadi merasa ‘bumpy’, serta dapat menaikkan kemungkinan ban menjadi benjol. Waktu tekanan angin terlampau ‘kempes’, maka konsumsi BBM akan menjadi jadi tambah boros karena  mobil bakal jalan menggunakan velg dan mobil terasa berat.

Nah 6 tips mudah ini semoga bisa memberikan anda gambaran, memang dalam dunia otomotif ini ketika anda berbicara mengenai bahan bakar, maka anda harus berpikir ulang terlebih dahulu sebleum membli mobil. Jika memang anda tidak siap dengan borosnya bahan bakar, sebiaknya jangan membli mobil terlebih dahulu. 

Sumber : dosenotomotif.com
Tag : OTOMOTIF
Back To Top