3 Kelebihan Mobil Yang Menggunakan Penggerak Roda Depan ( FWD )

FASTER86.COM - 3 Kelebihan Mobil Yang Menggunakan Penggerak Roda Depan ( FWD ) Dalam dunia otomotif, ada dua jenis penggerak, yaitu penngerak roda depan dan penggerak roda belakang, dan dua hal tersebut dapat terkombinasi menjadi 4wd atau penggerak roda depan dan belakang. Nah sebelum kita berbicara mengenai apa kelebihan penggerak roda depan, mari kita belajar terlebih dahulu sistem penggerak roda depan. 

Penggerak roda depan atau front wheel drive adalah sistem penggerak pada mobil dimana mesin langsung terhubung dengan gear box. Nah setelah kita ketahui apa itu penggerak roda depan, lalu mobil apa saja yang menggunakan sistem fwd ini. Umumnya di Indonesia, hanya ada dua yaitu Fwd dan Rwd, salah satu mobil yang menggunakan fwd adalah mitsubishi expander.


Berikut 3 kelebihan mobil yang menggunakan sistem penggerak roda depan : 
1. Biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda depan lebih murah, jika dibandingkan dengan biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda belakang (tentunya di kategori mobil yang sama). Kenapa lebih murah? Hal ini sebabkan oleh spare part pada sistem penggerak roda depan mobil, lebih sedikit. Selain itu, pemasangan drivertrain pada mobil yang menggunakan penggerak roda depan, lebih mudah.

Drivertrain adalah sebuah rangkaian komponen yang berfungsi untuk memindahkan tenaga mobil ke roda, sehingga mobil dapat bergerak. Dengan biaya produksi yang lebih sedikit, membuat mobil penggerak roda depan, harga jual barunya lebih murah dibandingkan dengan sistem penggerak roda belakang, tentunya di kategori mobil yang sama.

2. Berat mobil jadi berkurang, karena tidak adanya gigi transmisi dan poros gardan untuk menyalurkan daya ke roda belakang. Dengan mobil yang lebih ringan, akan signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar. Oleh sebab itu, mobil penggerak roda depan (FWD) lebih banyak ditemukan pada mobil city car dan low MPV keluarga.

3. Kelebihan FWD ada pada traksi mobil di jalanan licin terutama pada saat hujan. Traksi mobil penggerak roda depan lebih bagus pada jalan licin. Karena roda depan yang menarik roda belakang bukan roda belakang yang mendorong roda depan. Selain itu berat mesin mobil yang berada di depan, membantu traksi roda depan pada FWD saat hujan.

Nah semoga apa yang kami sajikan ini bisa menajdi gambaran, dan natinya ketika anda akan mebeli mobil dengan penggerak roda depan. dibalik kelebihan, memang ada kekeuranganya. Ketika kita akan membeli sebuah mobil, hal ini sangat penting menajdi pertimbangan, dimana lokasi anda tinggal. Ketika kita sudah tahu, maka kita bisa menyesuaiakn mobil yang akan kita beli.

sumber ; rentalmobilbali.com
Tag : OTOMOTIF
Back To Top